Buah Untuk Menu Diet

Ada banyak cara yang dilakukan untuk diet sehat atau Cara Mengecilkan Perut. salah satunya adalah dengan diet makanan yang menggunakan buah didaftarnya. Kandungan vitamin, mineral dan serat yang terkandung pada buah membuat banyak orang yang memilihnya untuk dimasukkan dalam menu dietnya. tapi apakah semua buah dapat digunakan untuk menu diet ?

Ada beberapa buah yang memang cocok untuk digunakan untuk menu diet. berikut ini beberapa buah untuk menu diet.

buah

>Buah Pisang

Pisang adalah buah yang banyak serat yang dapat membuat rasa kenyang. Selain itu buah pisang berguna unutk meningkatkan metabolisme tubuh dan dapat membantu proses menurunkan berat badan.

>Apel

Kandungan serat dan nutrisi yang kaya pada pisang sangat cocok untuk diet. Selain itu pisang memiliki kandungan Pektin dan Polifenol pada buah apel terutama pada kulitnya berguna untuk mengurangi kolesterol dan lemak pada tubuh.

>Grapefruit

Grapefruit bila diartikan berarti buah anggur, tapi ini bukan anggur. Bila dlihat dari bentuknya mirip jeruk bali, tapi berbeda dengan jeruk bali. Grapefruit memiliki kulit berwarna orange dan daging buah berwarna merah keunguan.Dengan Memakan buah ini akan membuat kenyang dan yang paling penting adalah zat yang terdapat dalam buah grapefruit sangat baik untuk pembakaran lemak dan menstabilkan gula darah.

>Buah Naga

Buah naga bermanfaat untuk melancarkan pencernaan, mengurangi lemak dan banyak zat antioksidan yang di butuhkan oleh tubuh sehingga baik untuk menu diet.

>Buah Kiwi

Buah kiwi mempunyai kandungan serat yang bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan, sehingga sangat baik untuk dijadikan sebagai buah untuk diet.

>Buah Pepaya

Buah pepaya dapat dengan mudah ditemui, buah yang sangat kaya akan serat ini sudah sangat terkenal untuk diginakan sebagai buah unutk menu diet.

Banyak buah yang dapat dimasukkan dalam menu diet. Namun untuk sejatinya diet bukan berarti konsumsi buah atau sayuran saja. Kita tetap memerlukan asupan lain seperti karbohidrat, protein, lemak dan lain-lain. Dan yang terpenting adalah menjalankan pola hidup sehat dan olahraga juga sangat penting untuk mendukung diet dapat berhasil.

Sumber : http://infosehatdancantik.blogspot.com/2013/05/buah-untuk-menu-diet.html

Kandungan Gizi Kacang Merah

Kacang merah ternyata memiliki kemampuan untuk mengatasi bermacam-macam penyakit, di antaranya mampu mengurangi kerusakan pembuluh darah, mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah, mengurangi konsentrasi gula darah, serta menurunkan resiko kanker usus besar dan kanker payudara.

kacang merah11

kandungan gizi pada kacang merah sangat bagus bagi kesehatan tubuh manusia. Kacang merah kering merupakan sumber protein nabati, karbohidrat kompleks, serat, vitamin B, folasin, tiamin, kalsium, fosfor, dan zat besi. Folasin adalah zat gizi esensial yang mampu mengurangi resiko kerusakan pembuluh darah.

Kacang merah memiliki kandungan lemak dan natrium yang sangat rendah, nyaris bebas lemak jenuh, serta bebas kolersterol. Di samping itu, kacang merah juga merupakan sumber serat yang baik. Dalam 100 gram kacang merah kering, dapat menghasilkan 4 gram serat yang terdiri dari serat yang larut air dan serat yang tidak larut air. Serat yang larut air secara nyata mampu menurunkan kadar kolesterol dan kadar gula darah.

Untuk mendapatkan khasiat yang sempurna dari kacang merah, ada beberapa hal yang perlu dilakukan dalam mengolahnya. Sehabis direndam, buanglah air rendaman kacang merah. Kemudian rebuslah kacang merah dalam panci tertutup selama 3 menit, dan diamkan selama 2 jam agar airnya mengendap. Gantilah air rendaman itu dengan air yang matang, dan diamkan selama semalam. Esok harinya, kacang merah siap untuk dimasak menjadi makanan yang lezat. Hal ini perlu dilakukan untuk menghilangkan kemampuan kacang merah untuk memproduksi gas dalam usus yang akan membuat perut terasa kembung.

Dari berbagai sumber internet

Kandungan dan Manfaat Buah Alpukat

Alpukat atau Avocado merupakan buah yang berasal dari Amerika Tengah dan Meksiko. Ditempat asalnya buah dinamakan ahuacat oleh bangsa Aztek dan pasukan Spanyol mulai masuk pada abad ke 16 dan memperkenalkan ke bangsa Eropa. Buah alpukat memiliki bentuk yang lonjong membuat, memiliki kulit berwarna hijau tua sampai ungu kecoklatan. Daging buah alpukat memiliki tekstur yang sangat lembut dan memiliki warna hijau muda ( dekat kulit ) dan kuning ( dekat biji ).
kandungan alpukat

Alpukat merupakan buah yang sangat enak untuk dikonsumsi, baik secara utuh maupun diolah menjadi makanan maupun minuman ( es campur, jus ). Buah alpukat juga memiliki banyak kandungan dan manfaat yang sangat banyak untuk kesehatan dan kecantikan yang sangat baik untuk kita. Berikut ini kandungan dan manfaat alpukat.
Kandungan lemak nabati yang tinggi dan tak jenuh bermanfaat untuk menurunkan kolesterol LDL ( kolesterol jahat ) sehingga dapat berguna untuk mencagah stroke, penyakit jantung, darah tinggi dan kanker. Kandungan lemak tak jenuh sangat mudah dicerna dan diolah tubuh sehingga bermanfaat secara maksimal dan lemak tak jenuh pada alpukat juga mengandung zat anti jamur dan anti bakteri. Kandungan lemak nabati tidak dapat menyebabkan seseorang menjadi gemuk, justru dengan manfaat lemak nabati tak jenuh ini mampu mengurangi nafsu makan.
Kandungan vitamin A dan E pada buah alpukat sangat baik untuk menghaluskan kulit, mengenyalkan kulit, menghilangkan kerutan dan membuat kulit tampak lebih muda.
Kandungan Krotenoid pada alpukat terdapat Vit A yang sangat baik untk kesehatan mata dan tubuh lainnya.
Kandungan asam oleat pada alpukat merupakan sumber antioksidan tinggi yang bermanfaat sebagai penangkal radikal bebas dan meningkatkan daya tahan tubuh.
Kandungan potasium dalam alpukat dapat mencegah pengendapat cairan dalam tubuh, menyeimbangkan elektrolit pada tubuh dan membantu menurunkan tekanan darah.
Kandungan Zat besi pada alpukat sangat baik untuk mencegah penyakit anemia.
Kandungan ektrak minyak buah alpukat sering dijadikan bahan produk kecantikan seperti pelembab, krim, shampo dan lainnya. Untuk pemakaian alami dapat dilakukan dengan menjadikannya sebagai masker.
Banyak manfaat kesehatan dan kecantikan yang didapatkan dari alpukat ini. Kandungannya yang kaya akan manfaat, wajib menjadi salah satu menu buah yang sering dikonsumsi.

Sumber : http://infosehatdancantik.blogspot.com/2013/05/kandungan-dan-manfaat-buah-alpukat.html

Macam-macam Penyakit Tulang

Penyakit tulang adalah penyakit yang sering kali tidak disadari oleh seseorang yang mungkin saja sudah mengidap gejala-gejala penyakit tersebut. Umumnya seseorang akan menyadari bahwa dia telah mengidap penyakit tulang adalah ketika kondisi tulangnya tidak memungkinkan lagi untuk diobati. Jadi untuk mengurangi resiko keluhan pada tulang, kita membutuhkan informasi lengkap dan memadai baik dari riset dari Internet dan petugas kesehatan. Dengan menjaga kesehatan tulang maka aktivitas dan kinerja seseorang pun menjadi lebih produktif. Sebelum kita mempelajari soal penyakit tulang, sebaiknya kita harus mengetahui terlebih dahulu struktur tulang manusia. Tulang merupakan penyangga tubuh kita yang terdiri dari kolagen yakni protein yang bersisi dengan kalsum fosfat dan ka mineral yang membuat tubuh kuat karena disangga oleh tulang. Kolagen dan kalsium yang dikombinasikan membuat tulang menjadi kuat dan fleksibel sehingga mampu menahan tekanan karena aktivitas dan kegiatan kita. Sekitar 99% kalsium tubuh manusia berada pada tulang dan gigi. Selainnya terdapat di dalam darah.
Tulang memiliki dua tipe, yakni:
Tulang cortical yakni tulang yang padat dan kuat dan merupakan bagian luar tulang.
Trabecular yakni bagian dalam tulang yang memiliki rongga dan membentuk struktur tubuh secara keseluruhan.
Tulang mengalami perkembangan dan perbaikan sepanjang masa hidup manusia yakni dilakukan secara resorption dan formation. Namun, tulang juga bisa mengalami gangguan berupa penyakit tulang, yakni sebagai berikut:

Macam Penyakit Tulang
1. Osteoporosis
Penyakit tulang osteoporosis adalah penyakit yang mengakibatkan tingkat kepadatan tulang menjadi turun. Osteoporosis bisa menggerogoti kemampuan tulang trabecular yang menyebabkan kekuatannya menjadi berkurang secara drastis. Hal ini akan membuat tulang menjadi mudah patah karena tulang cortical menipis. Biasanya penyakit osteoporosis terjadi pada wanita yang berusia lanjut dan memasuki usia menopause.
2. Osteomyelitis
Penyakit tulang ini disebabkan oleh bakteri yang menyebar dan mengurangi kekuatan tulang.
3. Osteomalacia
Penyakit tulang ini disebabkan oleh tulang yang menjadi lunglai karena kurangnya asupan vitamin D atau bisa juga disebabkan oleh kesalahan metabolisme pada tubuh. Seperti penyakit tulang osteoporosis, penyakit osteomalacia bisa menyebabkan tulang menjadi lebih mudah patah.
4. Rickets Rickets
Sering terjadi pada anak-anak yang sedang berada dalam masa pertumbuhan. Formasi tulangnya abnormal yakni adanya penumpukan kalsium pada tulang karena anak tersebut terlalu banyak meminum susu kalsium atau karena radiasi matahari.
Pencegahan Penyakit Tulang
Berikut beberapa pencegahan dan perawatan terhadap tulang yang bisa kita lakukan untuk menghindari penyakit tulang:
Melakukan olahraga secara teratur sehingga mengurangi risiko penyakit tulang. Dengan melakukan banyak gerak maka komposisi tulang akan menjadi padat dan keropos serta patah tulang bisa diminimalisir.
Asupan makanan harus diperhatikan agar kita mengonsumsi makanan yang bergizi dan memiliki serat yan tinggi. Tidak lupa juga untuk mengonsumsi susu berkalsium tinggi.
Segera konsultasi dengan dokter jika kita merasa ada keluhan pada tulang dan persendian.
Melakoni diet seimbang dengan cara rajin mengonsumsi makanan yang tinggi serat dan vitamin D.
Sangat dianjurkan untuk tidak mengonsumsi alkohol secara berlebihan dan merokok.
Lakukan tes tulang secara kontinu dan rutin.
???????????????????????????
Ya, kesehatan tulang haruslah dijaga karena tulang adalah salah satu aset paling penting bagi manusia untuk beraktivitas. Penyakit tulang tidak serta-merta terjadi begitu tiba-tiba namun ada proses yang lambat-laun bisa mengakibatkan /penyakit tulang/ terjadi pada tubuh. Jika sudah mengalami penyakit tulang, akan sangat sulit untuk mencari pengobatan dan penyembuhannya. Oleh karena itu, senantiasa jaga kesehatan tulang demi masa depan!

Perayaan Hari Kartini

Hari Kartini selalu diperingati setiap tanggal 21 April. Namun kali ini, di sekolah saya peringatan hari kartini diadakan pada tanggal 28 April 2013. Hal itu disebabkan karena kelas 9 sedang mengadapi UN. Setiap kali dalam memperingati hari kartini, semua warga sekolah diwajibkan menggunakan pakaian adat. Tentunya, ada juga perlombaan-perlombaan yang diadakan seperti missal : DD, SGT, dll. Di hari itu pelajaran ditiadakan, oleh sebab itu saya selalu senang dan semangat dalam mengikuti kegiatan tersebut.

8aa

Menariknya lagi, bagi setiap kelas yang tidak mengikuti perlombaan dalam kegiatan tersebut akan didenda sebesar Rp. 100.000. Namun, pada saat itu masih ada juga kelas yang didenda karena tidak ikut perlombaan yang sudah diadakan. Akan tetapi, kelas saya tidak segan-segan untuk mengikuti semua perlombaan itu, karena dulu kelas saya pernah didenda. Semua itu menjadi pengalaman yang tak pernah bisa dilupakan.
Kelas 9 pun tak mau ketinggalan. Mereka berpartisipasi dalam kegiatan tersebut, tapi kelas 9 hanya menonton saja. Perlombaan tersebut berlangsung meriah karena hampir semua kelas 7 dan 8 ikut berpartisipasi. Tetapi sayangnya kelas kami tidak mendapat juara apapun. Walaupun begitu saya masih merasa senang dan gembira telah mengikuti kegiatan tersebut di sekolah.

Field Trip To Malang

Saturday 09 March 2013 on the school held a Study Tour. Study tour was followed by all siwagrade 8. After the morning announcements are given, in the evening we gathered at school at 20.00 pm. then we set off by bus. Our journey to share stories and laugh together.after that we all slept. When morning came we were all up in Surabaya.

Our first stop on the pilgrim hostel to shower and eat.after that we went through Suramadu Bridge. after passing the bridge we went to PrigenSuramadu, where Taman Safari II. There’s lots of cute animals, ferocious, and fun. And then as we headed to our Prigen BNS (Batu Night Spectacular).

There’s a lot of rides and a children’s playground as well as adults. I, Nawfal, Habib, and Afif play vehicle “Boom Car” together. When we play at BNS were finished we all went back to stay at the Villa. After tomorrow we eat together, and then we went on tour to (Songgoriti). We took a picture together there.

Then we all went to our Songgoriti (Selekta). I’m also a lot of photos there especially with my friends. Next we tour again to (Java Park I). With ticket prices Rp.75.000 we all can enjoy all the cool rides in Java Park I. The rides that I liked most when I ride Roller Koster. Feel we all have been called by our teacher to get back to the bus, despite the fact that little heart is not satisfied but I’m very happy.

When we returned to the bus and then proceed to (Coban Rondo). There we only see the beauty of the waterfall is very high. And there we took a break to see the beauty of the natural surroundings while enjoying delicious roasted corn. There was almost dark when I and my friends went back to the bus for the return trip toward SMPN 1 Wonosari. This is an unforgettable experience I had with my friends a Study Tour to Malang 2013.

all brother

Mengobati Mata Minus Dengan Daun Sirih

minus Menyembuhkan mata minus dengan daun sirih – siapa yang tidak suka mempunyai mata yang indah sehat serta terbebas dari kacamata. nyaris seluruh orang tentu inginkan perihal tersebut. mempunyai tubuh yang sehat, memanglah idaman seluruh orang. tetapi bagaimana bila anda telah terlanjur memiliki situasi mata yang minus. mempunyai mata minus memanglah melelahkan. tak hanya cape dikarenakan menggantungkan kacamata diwajah, perihal ini juga mengganggu area gerak pasien. anda tak lagi jadi bebas saat melakukan sebagian aktivitas layaknya berenang atau type aktivitas yang lain. tetapi anda janganlah berkecil hati, dikarenakan mata minus dapat diobati. walau demikian ini seluruh bergantung dari seberapa besar situasi rusaknya mata anda serta juga seberapa rajin anda lakukan terapi. nah, untuk anda yang tetap belum terlampau kronis situasi sakitnya anda tetap dapat beroleh peluang untuk memperoleh kembali mata sehat anda tanpa mesti menggunkan kacamata atau contack lens cuma gunakan daun sirih.

daun sirih yang mempunyai sangat banyak manfaat untuk menghindar serta menyembuhkan penyakit diakui dapat menyembuhkan mata minus. bila pada artikel pada mulanya kenzoo dulu berbagi perihal menangani bau mulut waktu berpuasa dengan daun sirih, maka didalam panduan kesehatan saat ini kembali kenzoo bagikan perihal faedah lain daun sirih untuk menyembuhkan mata minus.

layaknya yang dulu kenzoo terangkan pada menulis pada mulanya bahwa daun yang memiiki kandungan minyak astiri, yakni kadinen, kavikol, sineol, eugenol, serta karvakol. minyak astiri dari daun sirih ini memiliki kandungan seskuiterpen, pati, diatase, gula serta zat samak yang mempunyai kekuatan untuk mematikan kuman serta sebagai antioksidasi serta juga sebagai antijamur.

kandungan zat antiseptik pada seluruh bagiannya dapat mengangkat kotoran pada mata serta juga kurangi mata pedih. bila perawatan dikerjakan dengan teratur serta terus-terusan dapat mengobati mata minus. langkah pemakaiannya cukup mudah serta tidak rumit. cukup ambillah selembar daun sirih yang telah tua lantas lipatlah jadi empat sisi lipatan. sisi yang berupa tulang ada diluar. lantas tempelkan pada mata serta kunci dengan plester supaya tidak jatuh serta biarlah sepanjang semalaman.

langkah ini memanglah sangat bagus dikerjakan saat malam hari saat tengah tidur. perihal ini dapat mengangkat kotoran yang ada pada mata serta untuk menyembuhkan mata minus. pada penyembuhan mata minus dengan meggunakan daun sirih tidaklah sama untuk tiap-tiap orang. walau faedah daun sirih ini dapat melemaskan otot otot mata, tetapi untuk menyembuhkan mata minus dapat dibarengi dengan pemijatan spesial pada syaraf mata. umumnya beberapa pakar totok dapat lakukan akupressure di area mata dengan malakukannya dengan melingkar serta amat hati hati dikarenakan ini berhubngan dengan syaraf.

pemakaian daun sirih untuk menyembuhkan mata minus baiknya dikerjakan untuk situasi mata yang minusnya tetap kecil. optimal, pasien alami minus tiga. serta untuk kurangi untuk pasien dengan minus yang kian lebih tiga umumnya beberapa pakar dapat berikan juga obat tetes herbal. beberapa pakar terapis totok menyebutkan bahwa masalah pada mata minus memanglah dapat sembuh dengan totok diarea lebih kurang mata. disamping itu terapi pemijatan diarea spesifik juga butuh dikerjakan. pada waktu ditekan, untuk yang matanya minus dapat merasa sakit.

tak hanya dengan langkah di atas, gunakan air yang digabung dengan daun sirih, anda dapat menyingkirkan kuman yang ada pada mata. langkah ini dapat anda dikerjakan saat mata kemasukan benda lembut maupun hewan kecil yang sukar untuk dihilangkan dari didalam mata. mata merasa mengganjal dikarenakan sulitnya mengeluarkan kotoran yang masuk tersebut. dengan letakkan daun sirih kedalam piring lantas isi dengan air, masukkan mata anda kedalam air yang digabung selembar daun sirih tersebut. upayakan untuk buka serta menutup mata anda berulang lagi saat mata telah masuk kedalam air sampai kotoran tersebut terlepas.

nah, demikianlah panduan kesehatan pada peluang saat ini perihal pemakaian daun sirih untuk pengobatan mata minus yang dapat kenzoo bagikan bikin beberapa teman dekat. semoga dapat berguna.

Sumber : http://blog.sehat.info/2013/03/mengobati-mata-minus-dengan-daun-sirih.html

Kenali Gejala Usus Buntu

Apendisitis atau yang umum dikenal dengan usus buntu merupakan salah satu penyakit yang memerlukan operasi atau pembedahan sebagai langkah penyembuhannya. Rasa sakit yang kadang hilang membuat orang sering meremehkan penyakit ini, tetapi rasa sakit yang menyerang akan membuat orang yang mengalaminya menderita kesakitan yang sangat merepotkan. Maka, lebih baik mengetahui gejalanya sebelum datang rasa sakit yang mengganggu. Apa penyebab dan gejala dari usus buntu ini?
Penyakit-Usus-Buntu-Appendicitis
Pasien dinyatakan usus buntu apabila terjadi penyumbatan total pada bagian lumen apendix. Hal umum yang sering ditemui penyumbatnya adalah biji-bijian seperti biji jambu, tomat atau cabai.

Gejala Usus Buntu :
Apabila Anda sering mengalami sakit pada perut, cobalah periksa apakah sakit perut Anda sama dengan gejala usus buntu berikut ini:

Rasa sakit pada bagian pusar dan ulu hati yang kadang datang dan kadang hilang.
Selanjutnya akan merasakan sakit pada bagian abdomen sisi kanan beberapa jam setelah gejala pertama. Rasa sakit dengan intesitas yang kuat dan bahkan disertai dengan demam pada penderitanya. Suhu badan dapat mencapai 39 derajat Celcius dan menetap.
Rasa sakit pada bagian perut juga disertai rasa mual dan kembung. Rasa mual juga dapat menyebabkan penderita muntah apabila lambung terisi makanan.

Periksa Usus Buntu :
Untuk memastikan apakah gejala-gejala tersebut merupakan indikasi usus buntu, pihak medis biasanya meakukan pemeriksaan penunjang untuk memastikan diagnosanya. Pemeriksaan penunjang yang biasa dilakukan adalah dengan USG pada bagian abdomen, pemeriksaan foto radiologic, dan pemeriksaan laboratorium dan urine.
usus-buntu
Pada pemeriksaan urine, pengecekan dilakukan dengan melihat apakah jumlah leukosit atau eritrosit pada apendiks melebihi batasan normal atau tidak. Kelebihan jumlah eristrosit dan leukosit dapat mengindikasikan adanya peradangan pada apendiks.

Operasi Usus Buntu :
Pada kasus usus buntu, penyembuhannya dilakukan dengan cara operasi. Ada dua cara operasi usus buntu yang dapat dilakukan. Pertama, disebut dengan Apendiktomi Konvensional dan yang kedua dengan cara Apendiktomi Laparoskopik.

Apendiktomi Kovensional dapat dilakukan pada pasien dengan berat badan normal. Sedangkan apabila pasien memiliki berat badan berlebih atau obesitas, maka pembedahan dilakukan dengan Apendiktomi Laparoskopik.

Pelaksanaan pembedahan tidak dapat dilakukan secara langsung, karena ada syarat kondisi tubuh pasien telah membaik. Syarat kondisi pasien sebelum dilakukan pembedahan adalah suhu badan pasien tidak boleh lebih dari 38 derajat Celcius, pembuangan urine normal yaitu 1-2 ml/kg setiap jam dan denyut nadi dibawah 120 kali/menit.

Usus Buntu pada Anak :
Usus buntu dapat pula menimpa anak-anak bahkan bayi. Pada anak dan bayi diagnosa dini sulit dilakukan, selain itu jika menimpa pada anak-anak, resikonya menjadi lebih besar karena makin muda usia pasien, makin besar kemungkinan terjadinya komplikasi pada robekan pembedahan. Maka, akan sangat baik mencegah penyakit ini menimpa anak Anda.

Dengan mengetahui gejala usus buntu sejak awal, Anda akan lebih mudah melakukan tindakan segera agar penyakit usus buntu tersebut tidak berlarut-larut.

sumber : http://kumpulan.info/sehat/artikel-kesehatan/48-artikel-kesehatan/440-usus-buntu.html

Artikel Tentang Bahaya Merokok

Artikel Tentang Bahaya Merokok. Bahaya merokok bagi kesehatan. sudah di buktikan oleh banyak orang bahwa merokok dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain. Efek-efek yang merugikan akibat merokok pun telah diketahui dengan jelas.
Menurut penelitian membuktikan bahwa kebiasaan merokok dapat meningkatkan risiko timbulnya berbagai penyakit. Seperti penyakit jantung dan gangguan pembuluh darah, impotensi, kanker laring, kanker osefagus, bronkhitis, kanker paru-paru, kanker rongga mulut, tekanan darah tinggi, serta gangguan kehamilan, cacat pada janin dan lainnya.

danger

Penelitian terbaru juga menunjukkan adanya bahaya dari secondhand-smoke, yaitu asap rokok yang terhirup oleh orang-orang bukan perokok karena berada di sekitar perokok, atau biasa disebut juga dengan perokok pasif.

ZAT-ZAT BERACUN PADA ROKOK
Rokok mengandung kurang lebih 4000 lebih elemen-elemen dan setidaknya 200 diantaranya berbahaya bagi kesehatan. Racun utama pada rokok adalah tar, nikotin, dan karbon monoksida. Selain itu, dalam sebatang rokok juga mengandung bahan-bahan kimia lain yang tak kalah beracunnya.
Zat-zat beracun yang terdapat dalam rokok antara lain adalah sebagai berikut :
1.Karbon monoksida (CO).
Gas CO adalah sejenis gas yang tidak memiliki bau. Unsur ini dihasilkan oleh pembakaran yang tidak sempurna dari unsur zat arang atau karbon. Gas CO yang dihasilkan sebatang rokok dapat mencapai 3 – 6%, gas ini dapat di hisap oleh siapa saja. Oleh orang yang merokok atau orang yang terdekat dengan si perokok, atau orang yang berada dalam satu ruangan. Seorang yang merokok hanya akan menghisap 1/3 bagian saja, yaitu arus yang tengah atau mid-stream, sedangkan arus pinggir (side – stream) akan tetap berada diluar. Sesudah itu perokok tidak akan menelan semua asap tetapi ia semburkan lagi keluar.

Gas CO mempunyai kemampuan mengikat hemoglobin (Hb) yang terdapat dalam sel darah merah (eritrosit) lebih kuat dibanding oksigen, sehingga setiap ada asap rokok disamping kadar oksigen udara yang sudah berkurang, ditambah lagi sel darah merah akan semakin kekurangan oksigen, oleh karena yang diangkut adalah CO dan bukan O2 (oksigen). Sel tubuh yang menderita kekurangan oksigen akan berusaha meningkatkan yaitu melalui kompensasi pembuluh darah dengan jalan menciut atau spasme. Bila proses spasme berlangsung lama dan terus menerus maka pembuluh darah akan mudah rusak dengan terjadinya proses aterosklerosis (penyempitan). Penyempitan pembuluh darah akan terjadi dimana-mana. Di otak, di jantung, di paru, di ginjal, di kaki, di saluran peranakan, di ari-ari pada wanita hamil.
2. Nikotin
Nikotin adalah merupakan candu yang sangat kuat. Nikotin rokok mengandung lebih banyak zat addictive (zat yang menyebabkan kecanduan) daripada heroin ataupun kokain. Perusahaan-perusahaan rokok seringkali memanipulasi kadar nikotin pada rokok yang mereka produksi agar memberikan rasa yang tetap sama. Mereka juga tidak bisa memastikan kadar nikotin yang sama pada setiap batang rokok yang anda hisap.

Nikotin yang terkandung di dalam asap rokok antara 0.5 – 3 ng, dan semuanya diserap, sehingga di dalam cairan darah atau plasma antara 40 – 50 ng/ml.
Nikotin bukan merupakan komponen karsinogenik. Hasil pembusukan panas dari nikotin seperti dibensakridin, dibensokarbasol, dan nitrosamin-lah yang bersifat karsinogenik. Pada paru, nikotin dapat menghambat aktivitas silia. Seperti halnya heroin dan kokain, nikotin juga memiliki karakteristik efek adiktif dan psikoaktif. Perokok akan merasakan kenikmatan, kecemasan berkurang, toleransi dan keterikatan fisik. Hal itulah yang menyebabkan mengapa sekali merokok susah untuk berhenti.
paro

Efek nikotin menyebabkan perangsangan terhadap hormon kathekolamin (adrenalin) yang bersifat memacu jantung dan tekanan darah. Jantung tidak diberikan kesempatan istirahat dan tekanan darah akan semakin meninggi, berakibat timbulnya hipertensi.
Efek lain merangsang berkelompoknya trombosit (sel pembekuan darah), trombosit akan menggumpal dan akhirnya akan menyumbat pembuluh darah yang sudah sempit akibat asap yang mengandung CO yang berasal dari rokok.
3. Tar
Tar adalah sebuah zat yang dihasilkan dalam pembakaran tembakau (rokok biasa) dan bahan tanaman lain (rokok herbal) ketika seseorang merokok. Ia merupakan campuran dari beberapa zat yang bersama-sama membentuk suatu massa yang dapat melekat di paru-paru.Tar adalah sejenis cairan kental berwarna coklat tua atau hitam yang merupakan substansi hidrokarbon yang bersifat lengket dan menempel pada paru-paru. Kadar tar pada rokok antara 0,5-35 mg per batang. Tar merupakan suatu zat karsinogen yang dapat menimbulkan kanker pada jalan nafas dan paru-paru.
4. Kadmium
Kadmium adalah zat yang dapat meracuni jaringan tubuh terutama ginjal.
5. Akrolein
Akrolein merupakan zat cair yang tidak berwarna seperti aldehid. Zat ini sedikit banyak mengandung kadar alcohol. Artinya, akrolein ini adalah alcohol yang cairannya telah diambil. Cairan ini sangat mengganggu kesehatan.
6. Amoniak
Amoniak merupakan gas yang tidak berwarna yang terdiri dari nitrogen dan hydrogen. Zat ini tajam baunya dan sangat merangsang. Begitu kerasnya racun yang ada pada ammonia sehingga jika masuk sedikit pun ke dalam peredaran darah akan mengakibatkan seseorang pingsan atau koma.
7. Asam Format
Asam format merupakan sejenis cairan tidak berwarna yang bergerak bebas dan dapat membuat lepuh. Cairan ini sangat tajam dan menusuk baunya. Zat ini dapat menyebabkan seseorang seperti merasa digigit semut.
8. Hidrogen Sianida/HCN
Hidrogen sianida merupakan sejenis gas yang tidak berwarna, tidak berbau dan tidak memiliki rasa. Zat ini merupakan zat yang paling ringan, mudah terbakar dan sangat efisien untuk menghalangi pernapasan dan merusak saluran pernapasan. Sianida adalah salah satu zat yang mengandung racun yang sangat berbahaya. Sedikit saja sianida dimasukkan langsung ke dalam tubuh dapat mengakibatkan kematian.
9. Nitrous Oxid
Nitrous oxide merupakan sejenis gas yang tidak berwarna, dan bila terhisap dapat menyebabkan hilangnya pertimbangan dan menyebabkan rasa sakit. Nitrous oxide ini adalah sejenis zat yang pada mulanya dapat digunakan sebagai pembius waktu melakukan operasi oleh dokter.
10. Formaldehid
Formaldehid adalah sejenis gas tidak berwarna dengan bau tajam. Gas ini tergolong sebagai pengawet dan pembasmi hama. Gas ini juga sangat beracun keras terhadap semua organisme hidup.
11. Fenol
Fenol adalah campuran dari kristal yang dihasilkan dari distilasi beberapa zat organic seperti kayu dan arang, serta diperoleh dari tar arang. Zat ini beracun dan membahayakan karena fenol ini terikat ke protein dan menghalangi aktivitas enzim.
12. Asetol
Asetol adalah hasil pemanasan aldehid (sejenis zat yang tidak berwarna yang bebas bergerak) dan mudah menguap dengan alcohol.
13. Hidrogen sulfida
Hidrogen sulfida adalah sejenis gas yang beracun yang gampang terbakar dengan bau yang keras. Zat ini menghalangi oksidasi enzim (zat besi yang berisi pigmen).
14. Piridin
Piridin adalah sejenis cairan tidak berwarna dengan bau tajam. Zat ini dapat digunakan mengubah sifat alcohol sebagai pelarut dan pembunuh hama.
15. Metil Klorida
Metil klorida adalah campuran dari zat-zat bervalensi satu antara hydrogen dan karbon merupakan unsurnya yang utama. Zat ini adalah senyawa organic yang beracun.
16. Metanol
Metanol adalah sejenis cairan ringan yang mudah menguap dan mudah terbakar. Meminum atau menghisap methanol mengakibatkan kebutaan dan bahkan kematian.
Akibat dari Merokok
Akibat negatif dari rokok, sesungguhnya sudah mulai terasa pada waktu orang baru mulai menghisap rokok. Dalam asap rokok yang membara karena diisap, tembakau terbakar kurang sempurna sehingga menghasilkanCO (karbon mono oksida), yang disamping asapnya sendiri, tar dan nikotine (yang terjadi juga dari pembakaran tembakau tersebut) dihirup masuk ke dalam jalan napas.
CO, Tar, dan Nikotin tersebut berpengaruh terhadap syaraf yang menyebabkan :
– Gelisah, tangan gemetar (tremor)
– Cita rasa / selera makan berkurang
– Ibu-ibu hamil yang suka merokok dapat kemungkinan keguguran kandungannya
Tar dan Asap Rokok
Tar dan asap rokok merangsang jalan napas, dan tar tersebut tertimbun disaluran itu yang menyebabkan :
– Batuk-batuk atau sesak napas
– Tar yang menempel di jalan napas dapat menyebabkan kanker jalan napas,
lidah atau bibir
Nikotin
Nikotin merangsang bangkitnya adrenalin hormon dari anak ginjal yang menyebabkan :
– Jantung berdebar-debar
– Meningkatkan tekanan darah serta kadar kholesterol dalam darah,
tang erat dengan terjadinya serangan jantung
Gas CO (Karbon Mono Oksida)
Gas CO juga berpengaruh negatif terhadap jalan napas dari pembuluh darah.
Karbon mono oksida lebih mudah terikat pada hemoglobin daripada oksigen
Oleh sebab itu, darah orang yang kemasukan CO banyak, akan berkurang daya angkutnya bagi oksigen dan orang dapat meninggal dunia karena keracunan karbon mono oksida. Pada seorang perokok tidak akan sampai terjadi keracunan CO, namun pengaruh CO yang dihirup oleh perokok dengan sedikit demi sedikit, dengan lambat namun pasti akan berpengaruh negatif pada jalan napas.

Bahaya merokok bagi kesehatan, artikel tentang bahaya rokok/merokok
Sumber : http://note-why.blogspot.com/2012/09/artikel-tentang-bahaya-merokok.html

Biografi Alexander Graham Bell – Penemu Telepon

Image

Tak seberapa dapat pendidikan formal, tetapi diajar baik oleh keluarganya dan belajar sendiri, begitulah ihwal Alexander Graham Bell penemu tilpun yang dilahirkan tahun 1847 di Edinburg, Skotlandia. Minat Bell memproduksi kembali suara vokal timbul secara wajar karena ayahnya seorang ahli dalam hal fisiologi vokal, memperbaiki pidato dan mengajar orang-orang tuli.

Bell pernah ke Boston, negara bagian Massachusetts tahun 1871. Di sanalah pada tahun 1875 dia membuat percobaan-percobaan yang mengarah pada penemuan tilpun. Dia mengumpulkan paten untuk mengokohkan penemuannya di bulan Februari 1876 dan mendapat imbalan beberapa minggu kemudian. (Menarik sekali untuk dicatat bahwa seorang lain bernama Elisha Gray juga mengumpulkan paten penemuan untuk pengokohan mengenai peralatan serupa pada hari yang berbarengan dengan apa yang diperbuat Bell, hanya selisih beberapa jam saja).

Tak lama sesudah patennya diterima, Bell mempertontonkan tilpun di pameran 100 tahun kota Philadelphia. Penemuannya menarik perhatian besar publik dan mendapat penghargaan atas hasil karyanya. Tetapi, The Western Union Telegraph Company yang menawarkan uang sebesar $100.000 buat penemuan alat itu mengelak membayarnya. Karena itu, Bell dan kawan-kawannya, di bulan Juli 1877, mendirikan perusahaan sendiri, nenek moyang dari American Telephone and Telegraph Company sekarang. Tilpun dengan cepat dan besar-besaran mencapai sukses secara komersial. Sakarang ini AT & T merupakan perusahaan bisnis yang terbesar di dunia.

Bell dan istrinya yang di bulan Maret 1879 memegang 15 persen saham dari perusahaan itu tampaknya tak punya bayangan betapa akan fantastisnya keuntungan yang bakal diterima oleh perusahaan itu. Dalam tempo cuma tujuh bulan, mereka sudah jual sebagian besar saham mereka dengan harga rata-rata

$250 per saham. Di bulan Nopember harganya sudah melesat naik jadi $1000 per saham! (Di bulan Maret itu isterinya-lah yang mendesak buru-buru jual karena dia khawatir harga saham tak akan sampai setinggi itu lagi!) Di tahun 1881 dengan gegabah mereka jual lagi sepertiga jumlah sisa saham yang mereka punyai. Meski begitu, toh dalam tahun 1883 mereka sudah bisa peroleh keuntungan seharga sekitar sejuta dolar.

Kendati penemuan tilpun sudah mengorbitkan Bell jadi kaya-raya, dia tak pernah berhenti meneruskan penyelidikannya, dan dia berhasil menemukan lagi pelbagai alat yang berguna walau tidak sepenting tilpun. Minatnya beraneka ragam, tetapi tujuan utamanya adalah menolong orang tuli. Istrinya sendiri tadinya gadis tuli yang dilatihnya sendiri. Empat anak, dua lelaki dua perempuan keluar berkat perkawinan tetapi keempatnya mati muda. Tahun 1882 Bell jadi warganegara Amerika Serikat dan mati tahun 1922.

Ukuran besar-kecilnya pengaruh Bell terletak pada penilaian besar kecilnya makna tilpun itu sendiri. Menurut hemat saya, pengaruh itu besar sekali karena tak banyak penemuan yang begitu luas digunakan orang dan begitu besar pengaruhnya dalam kehidupan sehari-hari.

Saya tempatkan Bell dalam urutan di bawah Marconi berhubung radio lebih beragam kegunaannya ketimbang tilpun. Misalnya, pembicaraan lewat tilpun dapat pada dasarnya dilakukan lewat radio, tetapi dalam beberapa hal (misalnya komunikasi dengan pesawat yang sedang terbang) tilpun tidak bisa menggantikan fungsi radio. Kalau saja cuma faktor itu semata yang jadi ukuran, Bell akan menduduki urutan jauh lebih bawah lagi daripada Marconi. Tetapi, ada dua hal yang layak dipertimbangkan. Pertama, meskipun pembicaraan tilpun pribadi bisa saja dilakukan lewat radio, akan teramat sulitlah menggantikan seluruh sistem pertilpunan kita dengan jaringan radio yang setara. Kedua, metode pokok menyalurkan kembali suara yang dirancang Bell buat penerima tilpun belakangan di ambil oper dan digunakan oleh penerima radio, piringan hitam dan pelbagai rupa peralatan lainnya. Itu sebabnya saya anggap pengaruh Bell cuma sedikit lebih kurang ketimbang Marconi.

ALEXANDER GRAHAM BELL 1847-1922

Diambil dari:
Seratus Tokoh yang Paling Berpengaruh dalam Sejarah
Michael H. Hart, 1978